RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

 

Nama Sekolah           : SMK Hang Tuah 2

Mata Pelajaran          : Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)

Kelas/Semester          : X (Sepuluh)/ 1

Pertemuan                 : 1

Alokasi Waktu           : 36 X 45 jam pelajaran

Standar Kompetensi : 

1.   Memahami gejala-gejala alam melalui pengamatan

Kompetensi Dasar     :  1.1Mengidentifikasi obyek secara terencana dan sistematis untuk memperoleh informasi gejala alam biotik.

 

 

  1. I.                   Indikator
  • Langkah-langkah metode ilmiah diijelaskan  dan masing-masing diberikan contohnya
  • Gejala-gejala alam biotik di lingkungan sekitar diidentifikasi secara cermat dan masalah  yang ditemukan dirumuskan dengan jelas.
  • Hipotesis disusun sebagai solusi terhadap masalah  yang telah dirumuskan.  Rumusan hipotesis memperlihatkan hubungan antar variabel.
  • Rencana penelitian disusun dengan varibel-variabel (manipulasi, respon, dan kontrol) yang akan diukur, prosedur, cara pengumpulan data dan mengolah data diuraikan dengan jelas.
  • Variabel-variabel penelitian diperlakukan dan diukur dengan teliti/akurat, diolah serta simpulan yang dibuat sesuai dengan data.
  • Laporan penelitian ditulis, dikomunikasikan dan hasilnya dipertahankan dengan argumentasi yang sesuai.

 

  1. II.                Materi Ajar
  • Metode ilmiah
  • Perumusan masalah
  • Perumusan hipotesis
  • Perancangan penelitian
  • Pelaksanaan penelitian
  • Pelaporan penelitian

 

  1. III.             Metode Pembelajaran
  • Pengamatan-diskusi

 

      IV. Tujuan   : Siswa dapat memahami gejala-gejala alam melalui pengamatan

 

  1. V.    Langkah-Langkah Pembelajaran

 

Pertemuan Awal

 

Kegiatan awal (10 menit)

  • Guru menanyakan kepada siswa beberapa gejala alam yang biasa di jumpai oleh siswa.
  • Siswa diminta mengidentifikasi jenis gejala alam.

Kegiatan inti (70 menit)

  • Mendiskusikan metode ilmiah, diidentifikasi langkah-langkah ilmiah dan contohnya
  • Melakukan pengamatan gejala alam biotik di lingkungan sekitar (perilaku maupun keadaan hewan, tumbuhan, dan mikroorgamisme baik pada individu maupun dampak dari perilaku individu itu. Misalnya, luruhnya bunga sebelum waktunya pada tanaman tertentu, hilangnya populasi katak di suatu kawasan, dsb).
  • Diskusi kelompok untuk: merumuskan masalah dari temuan gejala alam biotik di lingkungan sekitar sebagai isyu yang perlu dibahas selanjutnya; melengkapi informasi, baik dengan melakukan penga-matan yang lebih cermat di lokasi sesuai dengan masalah yang dirumuskan, ataupun studi pustaka di perpustakaan/ intenet; Informasi itu selanjutnya digunakan untuk membuat hipotesis; menyusun rencana penelitian.
  • Melakukan penelitian sesuai dengan rencana yang disusun.
  • Mengkomunikasikan hasil penelitian.

Kegiatan akhir (10 menit)

  • Guru bersama siswa menyimpulkan ciri-ciri gejala alam.

 

  1. VI.             Alat/Bahan/Sumber
  • Lingkungan
  • Buku sumber
  1.                                                               i.      Ilmu Pengetahuan Alam untuk SMK dan MAN kelas X                                         Tia Mutiara, Ernawati, Mieke Miarsyah dan Dewi Luvfiati
  2.                                                             ii.      http://www.tehpanas.co.cc
  3.                                                           iii.      Ilmu Pengetahuan Alam untuk SMK, Suparwoto penerbit bse

 

  1. VII.          Penilaian
  • Observasi kinerja
  • Produk.
  • Tes tertulis

 

                              Jakarta, 23  Juli 2012

Mengetahui

Kepala Sekolah                                                         Guru Mata Pelajaran

 

 

 

 

 

Joko Biwarno, S Pd, M Si                                               Hariyadi Wijayanta, SE

 

 

 

 

Tentang Hariyadi

Walaupun bagaimana kecilnya cinta seseorang kepada Allah, maka yang demikian itu lebih aku senangi daripada beribadah tujuh puluh tahun
Pos ini dipublikasikan di IPA Kelas X. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s