DAMPAK POLUSI TERHADAP KESEHATAN

Pendahuluan

Semakin meningkatnya populasi manusia di perkotaan juga diiringi dengan meningkatnya jumlah limbah yang dihasilkannya. Hal ini tentu akan menjadi masalah yang tersendiri yang perlu segera di pecahkan. Limbah yang semakin menumpuk sudah menjadi polusi yang sangat merugikan dan membahayakan kesehatan dan kelangsungan hidup manusia.

Permasalahan

Dalam aktifitasnya manusia selalu menghasilkan sampah dan sisa buangan lain yang sudah tidak di perlukan lagi. Sebuah keluarga misalnya tidak kurang dari 2 kilogram sampah setiap harinya. Bagaimana dengan orang satu RT, satu RW dan lebih luas lagi satu wilayah ada berapa ribu keluarga. Dengan asumsi di Jakarta ada 6 juta jiwa, bila rata-rata satu keluarga ada 4-6 jiwa berati ada kurang lebih satu juta keluarga, dikalikan dengan 2 kilogram sampah. Berarti sudah ada 2 juta ton sampah dalam satu hari di Jakarta saja. Bagaimana dngan di kota sekitar Jakarta seperti di Bekasi, Depok maupun Bogor. Luar biasa jumlah sampah yang di hasilkan.

Itu baru sampah rumah tangga saja. Di ibukota ada banyak industri dan perkantoran yang setiap hari membuang sampah yang juga tidak sedikit. Terutama industri yang membuang sisa pembakaran lewat cerobong asap. Bagaimana dengan kendaraan bermotor yang setiap hari membuang asapnya?

Akibat sampah dan limbah yang semakin menumpuk tadi tentu menyebabkan polusi baik polusi udara, polusi air dan juga polusi pada tanah. Terutama pada polusi udara, hal ini sangat mengganggu pernapasan dan menyebabkan penyakit sesak napas, batuk-batuk dan infeksi tenggorokan. Meningkatnya kasus berbagai penyakit di ibukota menjadi salah satu pertanda meningkatnya polusi.

Banyaknya sampah ini selain membahayakan bagi kesehatan juga  menjadikan ketidak nyamanan bagi kita terutama sampah organik yang dan sampah sisa sayuran yang menimbulkan bau busuk.

Pemecahan masalah

Untuk mengatasi masalah polusi ini tentu di butuhkan kemauan dari semua pihak, terutama dari kita semua untuk berdisiplin dalam membuang sampah.

Mengurangi sumber Polusi

  1. Menggunakan hanya bahan yang bisa di daur ulang atau mudah hancur
  2. Mengurangi penggunaan mobil pribadi

Daur ulang sampah

  1. Mengolah limbah sebelum di buang
  2. Membuat kompos
  3. Membuat industri pengolahan limbah

Pencegahan

  1. Mengenakan masker
  2. Cuci tangan
  3. Mandi dengan sabun antiseptik.

Kesimpulan

Akibat kemajuan industri di negara kita selain menciptakan lapangan kerja yang luas, juga menim bulkan dampak negatif yaitu masalah limbah dan sampah. Meningkatnya jumlah limbah ini akan menimbulkan polusi baik tanah, air dan udara. Meningkatnya jumlah polusi akan menyebabkan menurunnya kwalitas lingkungan dan menyebabkan meningkanya gangguan kesehatan pada kita. Meningkatnya angka kesakitan ini tentu juga akan menyebabkan tambahan pengeluaran untuk beaya berobat. Untuk itu perlu penanganan yang serius dalam hal ini baik dengan mengurangi penyebab polusi maupun mengolah limbah yang ada agar tidak menyebabkan polusi.

Terima kasih

Kelompok 1

Heny Handayani                                    Merllyana Susana M

Putri Ajeng Kartika                               Indah Permata Sari

Hanifudin                                                  Deny Samsudin

Agung  ariyanto                                     Randi Ahmad

Andryan P P

Tentang Hariyadi

Walaupun bagaimana kecilnya cinta seseorang kepada Allah, maka yang demikian itu lebih aku senangi daripada beribadah tujuh puluh tahun
Pos ini dipublikasikan di IPA Kelas XI. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s